Akal Manusia


Imam Al Ghazali menyatakan akal adalah dasar. Jika tidak, maka kenabian dan syariat tidak akan dipahami.

Akal sangat dekat dengan potensi inteligensia dan kreativitas. Inteligensia (kecerdasan) merupakan salah satu anugerah Allah kepada manusia dan menjadikannya sebagai salah satu kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya.

Dengan kecerdasannya, manusia dapat terus menerus mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya yang semakin kompleks, melalui proses berpikir dan belajar untuk meraih kreativitas dan kegemilangan.

Kunci dan pintu kreativitas dan kegemilangan adalah terletak pada sejauh mana mendayagunakan akal dan kemampuan berpikir.

Tanpa menggunakan akan pikiran dengan baik, mustahil manusia akan kreatif, maju dan dinamis. Malai, yang terjadi justru jumped, mandeg dan bodoh.

Ini penting, sebab mendayagunakan segenap potensi akal pikiran manusia, adalah bagian terbesar dari kemaslahatan dan peradaban.

Muhammad Iqbal, salah seorang filsuf muslim besar dari Pakistan, menyatakan : "Manusia yang semakin dekat dengan Allah akan semakin kreatif, mencintai ilmu dan arif. Sebab Allah adalah Maha Kreatif, Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana"

#Management
#LifeManagement
#PeopleDevelopment
#AmazingPeople
#RabbaniOptima



Tidak ada komentar:

Posting Komentar