Tanda-tanda Ponsel Anda Disadap!


#Insight - Kini, Anda bisa sedikit mengetahui bila ponsel Anda telah disadap. Nah, apa saja tanda-tanda kemungkinan ponsel Anda sedang disadap?

Penyadapan memang bukanlah menjadi isu baru di dunia telekomunikasi. Meskipun begitu, isu penyadapan sebenarnya masih menuai polemik dari beberapa pihak tentang tujuan dilakukannya hal tersebut.

Terlepas dari banyaknya polemik, ternyata masih sedikit yang mengetahui cara yang sederhana tentang apakah ponsel Anda disusupi atau disadap oleh pihak asing. Jika merasa penasaran dengan tanda-tanda sebuah ponsel yang telah disadap, Anda perlu menyimak beberapa tanda kemungkinan.

Berikut ini, tanda-tanda kemungkinannya telah disadap seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, yaitu:

Konsumsi Data yang Berlebih
Tanda kemungkinan ponsel Anda disadap yang pertama, yaitu konsumsi data Anda menjadi berlebih. Tidak dapat dipungkiri lagi, sebagian besar dari aplikasi yang terinstal pada smartphone Anda memerlukan jaringan internet untuk dapat berjalan dengan optimal. Untuk itu, para pengguna smartphone berusaha untuk selalu terhubung dengan internet, baik dengan menggunakan jaringan WiFi atau jaringan seluler.

Namun, bagi Anda pengguna smartphone, sebaiknya memantau penggunaan konsumsi data dalam periode tertentu. Hal tersebut dikarenakan konsumsi data yang tidak sesuai dengan penggunaan atau berlebihan menjadi salah satu ciri adanya masalah pada smartphone yang Anda gunakan.

Apabila Anda tidak menemukan sumber masalah yang mungkin terjadi, seperti tethering internet atau aplikasi yang berjalan maka kemungkinan ada pihak lain yang “menumpang” lalu lintas internet milik Anda.

Terdengar Berbagai Macam Bunyi Saat Menelepon
Tanda kemungkinan ponsel Anda disadap yang kedua, yaitu terdengar berbagai macam bunyi saat menelepon.Ketika menggunakan ponsel untuk menelepon orang lain, Anda mungkin mendengar berbagai macam bunyi-bunyian, misal bunyi derau, klik, atau bunyi lainnya. Bahkan, kemungkinan volume pada ponsel Anda tiba-tiba berubah dengan sendirinya.

Boros Baterai
Tanda kemungkinan ponsel Anda disadap yang ketiga, yaitu boros baterai. Baterai smartphone yang cepat habis mungkin menjadi masalah yang biasa bagi sebagian pengguna. Selain penggunaan berbagai macam aplikasi, baterai yang sudah bermasalah atau lawas memang dikenal tidak dapat bertahan lama.

Namun, Anda perlu ketahui bahwa baterai yang cepat habis bisa menjadi salah satu tanda bahwa ponsel Anda sudah berhasil disadap pihak ketiga. Daya dari baterai ponsel yang terkuras lebih cepat tanpa penggunaan yang berlebih menjadi kondisi yang disebabkan oleh malware.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk memastikan kemungkinan adanya penyebab yang lain, seperti dengan mengecek aplikasi yang berjalan pada background ponsel Anda.

Ponsel Hangat Meskipun Sedang Tak Digunakan
Tanda kemungkinan ponsel Anda disadap yang keempat, yaitu ponsel Anda menjadi hangat meskipun sedang tidak digunakan. Meskipun tidak menggunakan ponsel tersebut, jika disentuh, ponsel Anda terasa hangat. Hal ini terjadi karena walaupun tampak sedang tidak digunakan, ponsel ini sebenarnya sedang bekerja, kemungkinan yang terjadi dikarenakan proses penyadapan itu sendiri.

Peforma Smartphone Bermasalah
Tanda kemungkinan ponsel Anda disadap yang kelima, yaitu peforma smartphone Anda menjadi bermasalah. Jika merasa ada masalah pada peforma smartphone Anda, seperti kinerja smartphone yang semakin melambat maka Anda perlu mengatasi masalah tersebut dengan melakukan sejumlah cara, seperti dengan menghapus sejumlah data yang telah tidak terpakai dan membersihkan cache.

Hanya saja, terkadang solusi tersebut tidak membuahkan hasil. Salah satu penyebab yang mungkin terjadi, yaitu adanya malware yang tidak disadari terdapat dalam perangkat Anda.

Waspadalah.... Waspadalah!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar