Jawaban Tegas Kepada Penguasa Zalim


Al Quran banyak berbicara tentang manusia dan bangsa, didalamnya menyebutkan betapa bangsa demi bangsa telah bangkit dan hancur, hanya mereka yang beriman kepada Allah sajalah yang mendapatkan sukses besar. Sedangkan mereka yang tidak beriman kepada Allah dan mengingkari petunjuk-Nya mengalami kehancuran.
Tak sedikit Al Quran memberikan kisah-kisah tentang manusia dan bangsa, agar manusia agar berfikir dan mengambil pelajaran dari kisah-kisah tersebut.
"Maka kisahkanlah kisah-kisah agar mereka berfikir." (QS. Al-A'raf : 176)

****
Dikisahkan bahwa Mansur, salah satu Khalifah dari Bani Abbas mengirim seorang utusan kepada Imam Ja’far Shodiq, guru dari Imam madzhab Maliki dan Hanafi. Tujuannya adalah untuk mempertanyakan kenapa beliau tidak pernah datang ke istana untuk menemuinya seperti yang lain.
Ketika sampai dirumah Imam Ja’far, utusan itu menyampaikan pesan, “Mengapa engkau tidak datang ke tempat kami seperti yang lain?”
Imam Ja'far pun menjawab, “Kami tidak memiliki dunia yang kami takutkan darimu. Dan engkau tidak memiliki akhirat yang kami harapkan darimu.”
Engkau tidak sedang mendapat kenikmatan sehingga kami harus datang untuk memberi selamat.
Dan apa yang telah kau miliki tidak pernah kau anggap sebagai cobaan, sehingga kami harus datang untuk berbela sungkawa.
Jika demikian, untuk apa kami datang kepada kalian?”
Jawaban ini sampai kepada Khalifah, ia pun mengutus utusan itu untuk memberi jawaban. “Katakanlah bahwa engkau datang kepada kami untuk menasehati kami.”
Utusan itu segera menyampaikan pesan itu kepada Imam Ja'far dan ia pun menjawab, “Siapa yang menginginkan dunia tidak akan menasehatimu, dan siapa yang menginginkan akhirat tidak akan bersahabat denganmu.”

****
Kisah ini adalah jawaban tegas untuk tidak berkompromi dengan penguasa yang zalim. Sesuai dengan firman Allah yang berbunyi : 
“Dan janganlah kamu cenderung kepada orang yang zalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka, sedangkan kamu tidak mempunyai seorang penolong pun selain Allah, sehingga kamu tidak akan diberi pertolongan.” (QS.Huud:113).
Betapa indah Allah memberi peringatan dan nasehat kepada manusia melalui ayat-ayat-Nya. Hanya mereka yang ada iman dalam dada yang mampu mengambil pelajaran atas kisah-kisah tersebut. 
Smoga manfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar