Batam dan Industri Animasi Terbesar di Asia Tenggara


Berlokasi di Turi Beach Resort, kawasan Nongsa, Batam. Kinema, sebuah studio animasi terbesar di Asia Tenggara, beroperasi. Kinema didirikan pada tahun 2005 dan didukung oleh 250 tenaga-tenaga muda kreatif, yang 95% berasal dari seluruh daerah di Indonesia. 

PT Kinema Systrans Multimedia hadir dari sebuah mimpi, bahwa Indonesia bisa menjadi pusat industri kreatif dunia. Sumber daya yang tersedia banyak dan potensi bisnisnya juga sangat luar biasa. Bagi industri kreatif seperti Kinema, selama masih ada anak-anak, potensinya masih besar. Apalagi produksi film selalu membutuhkan special effect, sehingga peluang yang bisa direngkuh masih besar di dunia.

Infinite Frameworks (IFW) Studios adalah merek dari PT. Kinema Systrans Multimedia. Terletak hanya 45 menit dari Singapura, menjadikan Kinema/IFW Studios sebagai ‘media hub’ bagi industri hiburan Indonesia-Singapura.

Dengan kapasitas sumber daya manusia, teknologi manajemen data dan kapabilitas yang dimiliki, Kinema/IFW Studios menawarkan berbagai layanan, mulai dari outsourcing untuk animasi hingga peluang kolaborasi dan co-production untuk serial TV animasi dan film-film fitur. 

***

Demand dunia untuk animasi ini sangat tinggi, membuat Kinema/IFW Studios melirik pasar ekspor terlebih dahulu. Jadi, tidak heran jika pasar lokal belum digarap meski sudah ada permintaan untuk itu. 

Dari pekerjaan pertama “Sing to The Down”, film yang dibiayai pemerintah Singapura, menjadi landasan portofolio Kinema/IFW Studios. Lalu mendapat kontrak untuk memproduksi “Roll Boats”, sebuah serial TV yang didapat sebelum menyelesaikan film “Sing to The Down”. 

Setelah itu, bergulir dari mulut ke mulut tentang kemampuan Kinema/IFW Studios ke penjuru dunia. Dan akhirnya berhasil menembus pasar Kanada sebagai negara terbesar produksi animasi, juga Perancis sebagai negara pertama produksi animasi. Dan negara-negara Eropa lain seperti Belgia, Luxemburg, hingga Irlandia, nanti diharapkan bisa masuk ke Inggris dan Jerman. 

Dikarenakan, kondisi ekonomi Eropa menurun, Kinema/IFW Studios pun melirik pasar Asia. 

***

Kinema/IFW Studios merupakan rumah produksi dari beberapa serial TV animasi terkenal seperti; The Garfield Show, Leonard/Dr.Contraptus, Lucky Luke, dan Franklin & Friends. Dalam hal ini Kinema/IFW Studios menyediakan layanan berkualitas untuk industri animasi internasional. Saat ini, Kinema/IFW Studios juga telah memperluas bisnisnya dengan memproduksi live action.

Hasil karya Kinema/IFW Studios yang telah mendunia, diantaranya adalah: 

‘Tatsumi’, fitur film 2D pertama yang di produksi bersama dengan Zhao Wei Films. Film yang disutradarai oleh Eric Khoo ini merupakan penghargaan untuk Yoshihiro Tatsumi (ayah dari Manga Gekiga, Jepang). ‘Tatsumi’ mulai diproduksi pada akhir 2009 dan selesai pada musim semi 2011. Rating yang dibuat oleh Cahiers Du Cinema menempatkan ‘Tatsumi’ sebagai ‘one of the most anticipated movies of 2011’. Pemutaran perdana ‘Tatsumi’ dilakukan pada saat Festival Film Internasional Cannes ke-64, karena terpilih sebagai ‘UnCertain Regard’. Selain itu ‘Tatsumi’ juga terpilih pada Festival Animasi Internasional Annecy tahun 2012.

Berikutnya, 'Meraih Mimpi’ adalah versi Indonesia dari film ‘Sing to Dawn’ yang dirilis pada tahun 2009, dan merupakan film fitur animasi 3D pertama yang diproduksi oleh Kinema/IFW Studios. Film berdurasi 88 menit ini melibatkan sekitar 150 seniman Indonesia, dan juga beberapa artis terkenal untuk mengisi suara agar film ini layak ditonton. Diproduksi bersama dengan Khalyana Shira Entertainment dan Nia Dinata serta dibintangi oleh Gita Gutawa, telah menjadikan film ‘Meraih Mimpi’ meraih sukses fenomenal dalam sejarah animasi Indonesia.

Selanjutnya adalah film ‘Franklin & Friends’ dengan tampilan baru yang diproduksi bersama Nelvana Entertaintment (Kanada) dan didistribusikan oleh Treehouse. Film animasi yang sangat menarik perhatian anak-anak di dunia ini memulai debutnya pada saluran Corus’sTreehouse di Kanada pada Maret 2011.

Ingat Garfield. Adalah serial TV yang sukses dan dicintai oleh anak-anak bahkan orang dewasa dan telah ditayangkan di seluruh dunia. Film ini merupakan hasil kerja pelayanan animasi Kinema/IFW Studios untuk Dargaud Media (Perancia) yang diselesaikan pada November 2010.

Film ‘Rollbots’ ditayangkan pertama kali pada 2009 di YTV Kanada, dan telah mengudara di seluruh dunia. Film ini merupakan hasil kerja layanan animasi Kinema/IFW Studios untuk Amberwood Entertainment, Kanada. 

'Rumah Dara’ adalah film bergenre slasher asli Asia, disutradarai oleh Mo Bersaudara, dan dibintangi oleh artis-artis terkenal Indonesia, yaitu Shareefa Daanish, Julie Estelle dan Ario Bayu. Film ini telah dirilis dengan tiga judul yang berbeda untuk tiga wilayah distribusi yang berbeda, yaitu: ‘Rumah Dara’ di Indonesia, ‘Darah’ di Singapura dan ‘Macabre’ di Eropa dan Amerika Utara. Atas kepiawaiannya dalam berakting di film ini, Shareefa Daanish dianugerahi penghargaan Aktris Terbaik di Puchon International Fantastic Film Festival (PiFan) pada bulan Juli 2010. 

***

Banyak yang tak menyangka bila film-film animasi berkelas dunia lahir dan diproduksi di Batam. Tapi demikian kenyataannya. Dari Batam telah lahir dan berkembang industri animasi terbesar di Asia Tenggara. 

Ini tentu menjadi peluang bagi anak bangsa yang punya passion di industri kreatif, bisa bergabung dan ikut merasakan aura dan tantangan mengerjakan film-film animasi berkelas dunia. 

Ke depan, diharapkan juga bisa lahir film-film animasi berbau budaya Indonesia, berkarakter asli Indonesia. Sehingga tokoh animasi asli Indonesia dapat bersanding dengan tokoh-tokoh film animasi kondang internasional. 

Mimpi berikutnya, akan bermunculan studio-studio animasi di kota lain sehingga dapat menjadikan Indonesia sebagai salah satu produsen film animasi terkemuka di kancah perfilman internasional. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar