Definisi Sukses Menurut Orang Sukses


Sukses! Sangat mungkin tiap orang punya definisi berbeda-beda. Ada orang yang mengatakan sukses itu bila mampu menjadi top manajemen di sebuah perusahaan. Dan sangat mungkin, orang lain akan mengatakan sukses itu adalah bila mampu mendirikan perusahaan sendiri. Tapi orang lain mungkin mengatakan sukses adalah ketenangan hati.

Sekali lagi, sangat mungkin masing-masing orang punya definisi yang berbeda tentang sukses ini. 

Lalu, seperti apa definisi sukses menurut orang-orang sukses?

Brian Tracy
Brian Tracy adalah pembicara sukses internasional, sudah sangat berpengalaman dan keahliannya diakui di dunia. Dalam sebuah bukunya, dia menulis definisi sukses.

“Success is the ability to live your life the way you want to live it, doing what you most enjoy, surrounded by people who you admire and respect.”

Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup Anda sesuai dengan keinginan Anda, melakukan apa yang yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang Anda senangi dan hormati.”

Earl Nightingale
Earl adalah seorang motivator dan pembicara internasional. 

Pada suatu hari ia memberikan sebuah presentasi di hadapan para penjual mengenai rahasia kesuksesan yang disebutnya The Strangest Secret atau rahasia kesuksesan paling aneh. Presentasi ini sangat terkenal dan kemudian rekamannya bahkan berhasil terjual hingga 100 juta keping pada saat itu. 

Nah! Earl mendefinisikan sukses sebagai berikut : “Success is the progressive realization of a worthy ideal.”

Sukses adalah realisasi progresif dari ideal Anda yang bernilai. Wah, kalau ini sama persis, hanya berbeda dari penggunaan kata-katanya saja. Bahkan, saya paling menyukai definisi ini. Apa yang ideal menurut Anda? Nah, hal tersebut terealisasi dalam kehidupan Anda. Ini adalah definisi sukses yang dahsyat.

Zig Ziglar
Pria bernama lengkap Hilary Hinton Ziglar ini lebih dikenal dengan sebutan Zig Ziglar. Ia adalah seorang penulis, motivator, dan pengusaha sukses. 

Ziglar mengatakan sukses adalah “mendapatkan banyak hal yang bisa dibeli oleh uang – dan semua hal yang tak bisa dibeli oleh uang. Anda bisa membeli kasur, tapi Anda tak bisa membeli tidur yang nyenyak.”

Sukses menurutnya, pada pencapaian (mendapatkan) dan tujuan.

John C. Maxwell
John Calvin Maxwell adalah seorang penulis dan pembicara yang telah menulis lebih dari 60 buku, terutama berfokus pada kepemimpinan. Buku-bukunya telah terjual lebih dari sembilan belas juta kopi. 

Dan inilah sukses menurutnya : “first of all, success is knowing our purpose in life”

Maxwell menjelaskan sebuah proses ini dari pencapaian sukses. Dia mengatakan purpose (tujuan), karena saat Anda sudah mengetahuinya, maka jalan untuk mencapainya sangat terbuka. Mengetahui tujuan hidup. Tumbuh mencapai potensi maksimal dan bermanfaat untuk orang lain. Intinya pada pencapaian dan tujuan.

Richard Branson
Miliuner ini percaya bahwa kesuksesan adalah soal keterlibatan. Dengan kekayaan sekitar US$ 5 triliun, pendiri Virgin Group ini tetap melibatkan dirinya dalam aktivitas perusahaan miliknya.

Dalam blog Virgin, ia menulis, “Definisi kesuksesan? Makin sering Anda terlibat secara aktif dan praktis, Anda semakin merasa sukses.”

Thomas Edison
Ilmuwan dan pemilik 1.000 hak paten memiliki etos kerja yang keras. Ia bekerja 72 jam. Jadi wajar jika definisi sukses sama dengan ambisius. Menurutnya sukses adalah 1% inspirasi dan 99% keringat.

Arianna Huffington
Pemimpin Huffington Post ini mengatakan bahwa metrik kesuksesan tak cukup hanya uang dan kekuasaan. Harus ada metrik ketiga, yaitu kesejahteraan, kebijaksanaan, mimpi, dan berderma. Menurutnya faktor-faktor itulah yang menjaga psikologi kehidupan kita dan merupakan kesuksesan yang sebenarnya.

Maya Angelou
Penulis yang meninggal di usia 86 tahun ini, pernah mengatakan bahwa sukses adalah jika seseorang menyukai dirinya, menyukai apa yang dilakukannya, dan menyukai bagaimana ia melakukan pekerjaannya.

Winston Churchill
Politikus Inggris ini mengatakan bahwa sukses adalah keras hati. Karir politik Churchill berlangsung pada masa-masa sulit di era kebangkitan militer Hitler. Tak heran jika definisi sukses menurutnya adalah kegagalan-kegagalan tanpa kehilangan antusiasme.

Tony Hsieh
CEO Zappos ini mengatakan bahwa sukses adalah hidup sesuai dengan nilai-nilai yang diyakininya. 

Menurutnya nilai dasar personal mendefinisikan siapa individu tersebut sebenarnya dan nilai dasar perusahaan pada akhirnya yang menentukan karakter dan merek produknya. “Bagi individu, karakter adalah takdir. Bagi organisasi, budaya adalah takdir,” ujarnya dalam buku Delivering Happiness.

Jadi, apa definisi sukses menurut Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar