8 Sifat Untuk Sukses


Orang-orang sukses tidak dilahirkan dalam keadaan sukses. Mereka mengembangkan diri dan mengerjakan apa yang mereka suka, dengan kerja keras, fokus, memotivasi diri sendiri, mencetuskan ide-ide, dan tahan banting. 

Sebab ada mitos yang menceritakan bahwa kesuksesan itu diwariskan dari orang tua ke anak-anak mereka. Penelitian yang dilakukan Richard St. John, penulis buku To Be Great menujukan bahwa cerita itu sangatlah tidak benar.

“Aku telah mewawancarai banyak anak dari orang-orang sukses tetapi hal itu bukan karena sukses bersifat genetis. Akan tetapi karena mereka mengamati orang tua, meniru orang tua, dan secara perlahan mengembangkan delapan sifat sukses dalam diri mereka sendiri.” kata Richard seperti dikutip dalam buku To Be Great.

Inilah kedelapan sifat atau karakteristik yang dimiliki oleh orang-orang sukses. 

1. Passion
Adalah kunci utama untuk meraih sukses. Apapun bidang dan jabatannya, kunci meraih sukses adalah karena mereka (para orang sukses itu) mencintai pekerjaan. Energi akan muncul dari dalam ketika Anda mencintai apa yang Anda lakukan.

Yang berprestasi rendah berubah menjadi berprestasi super, ketika menemukan passion. Jika Anda belum menemukan passion Anda, teruslah menggali dan mencari. 

" Aku perlu menjelajah untuk menemukan passion-ku. Aku memulai karierku sebagai seorang insinyur, kemudian Aku bekerja di bidang konsultan manajemen, lalu di pemasaran produk, sebelum akhirnya Aku "terjerembab" ke dalam dunia modal ventura." 
~ Steve Jurvenson, ahli modal ventura terkenal. 

"Mereka yang berhasil ke puncak, tidak peduli apakah meraka musisi atau koki yang andal atau pemimpin perusahaan, adalah mereka yang akan melakukan apa pun yang mereka cintai, bahkan meski mereka tidak dibayar"
~ Quincy Jones, komposer musik legendaris, produser.

2. Kerja
Sifat kedua yang pada umumnya dipunyai orang-orang sukses adalah mereka bekerja sangat keras. Kerja keras Anda akan terbayar, mungkin tidak sekarang tetapi semakin lama Anda berkutat di dalamnya, semakin besar bayarannya. Anda hanya perlu mengerahkan waktu dalam menghadapi kesulitan, dan percayalah bahwa Anda akan melihat hasilnya nanti. 

Bekerja keras adalah uang pangkal kesuksesan. 

Seperti yang dikatakan Thomas Edison, "Aku senang karena jam kerja delapan jam sehari belum ditemukan ketika aku masih muda. Jika Aku bekerja selama delapan jam sehari dalam hidupku, Aku tidak percaya Aku bisa meraih pencapaian yang besar." 

"Menjadi sukses itu tidak mudah. Diperlukan kerja yang sangat keras. Sebagian orang tidak mengerti. Mereka cenderung berpikir bahwa hal-hal besar bisa terjadi dengan sendirinya." 
~ Sherwin Nurland, profesor Universitas Yale

3. Fokus
Fokus adalah sifat ketiga yang dimiliki oleh orang-orang sukses. Ini sangatlah penting. Fokus mengkhususkan kemampuan Anda pada suatu hal, dan menjadi ahli dalam hal tersebut. 

Anda perlu memiliki spesialisasi, yang menjadi dasar bagi Anda untuk berdiri dengan sangat kokoh. 

Mengembangkan suatu keahlian berarti Anda tidak bisa hanya melakukan sesuatu dalam hitungan seminggu. Dalam hal apa pun. Berarti perlu memusatkan diri pada hal tersebut berbulan-bulan, bertahun-tahun, bahkan berpuluh-puluh tahun. 

Fokus dan keahlian orang-orang sukses sering bisa dirangkum dalam kurang lebih lima kata. Bisakah Anda menggambarkan fokus Anda kurang dari lima kata? 

"Memiliki fokus sangatlah penting. Banyak orang bekerja sangat keras, tetapi mereka tidak terfokus. Mereka kesana-kemari mencoba terlalu banyak hal, hingga pekerjaan yang mereka lakukukan justru menjadi amburadul."
~ Susan Rupstash, arsitek

"Ketika Aku berusaha untuk merencanakan sesuatu, Aku berpikir secara luas. Tetapi ketika Aku berusaha menyelesaikan sesuatu, Aku sangat fokus."
~ Deborah McGuinnes, senior peneliti, Universitas Stanford

4. Motivasi
Sifat keempat yang dimiliki orang-orang sukses adalah mereka memotivasi diri mereka sendiri, untuk mengatasi rasa malu, ragu, dan takut. Kemampuan untuk memotivasi diri sendiri membantu mengatasi masa-masa sulit yang tidak ingin dilakukan. 

Peter Drucker, konsultan manajemen legendaris, merangkumnya dengan kata-kata sederhana, "doronglah, dorong, dorong, dan Anda akan melihat hasilnya."

Richard Branson, pendiri Virgin Group, dengan bahasa yang sedikit berbeda mengatakan, "Menurutku, apa pun yang dilakukan dalam hidup ini, doronglah terus sampai batasnya. Aku senang mendorong diriku sendiri, dan kemudian melihat apa yang bisa Aku lakukan, dan kupikir orang-orang mendapatkan kepuasan hidup yang lebih jika mereka mengarahkan hidup mereka dengan cara demikian."

Disamping itu, untuk menciptakan motivasi, dapat dilakukan dengan menetapkan cita-cita, cari tantangan, tetapkan tenggat waktu, disiplin, meminta orang lain untuk memotivasi, dan cari kompetisi.

Jauhi zona nyaman adalah langkah bijak selanjutnya. Zona nyaman akan membuat motivasi melemah dan redup, ujungnya hidup terbatas dan tak bisa berkembang. 

"Hanya dengan keluar dari zona nyaman, Anda dapat bertumbuh menjadi manusia." 
~ Percy Cerutty, pelatih lari ternama

"Ukuran terbaik seorang manusia tidak terletak pada di mana ia berdiri di masa-masa nyaman, melainkan di mana ia berdiri pada masa-masa penuh tantangan."
~ Martin Luther King, pemimpin pergerakan 

5. Ide
Orang-orang sukses hadir dengan ide-ide yang menakjubkan. Jika Anda dapat menghasilkan ide dari hari ke hari dengan baik, Anda memiliki kesempatan untuk melangkah lebih jauh dalam kehidupan ini. Karena ide menerangi jalan menuju sukses, tidak heran bila ide disimbulkan dengan wujud sebuah bohlam di atas kepala seseorang. 

Ide tidak selalu muncul dengan mudah. Karenanya, jalan paling baik untuk memperoleh ide adalah dengan memiliki ide sebanyak-banyaknya. 

Linus Pauling, ahli kimia pemenang Nobel, mengatakan, "Maka, jangan mengkhawatirkan kapan datangnya ide "cemerlang" tersebut, yang penting tangkap "sebanyak mungkin" ide yang muncul." 

Satu diantara ide tersebut barangkali akan berubah menjadi baik, dan kemudian ide tersebut akan menerangi jalan Anda menuju sukses. 

Untuk memperoleh ide, milikilah masalah. Sebab ide besar datang dari permasalahan sehari-hari. 
Untuk memperoleh ide, jadilah pengamat. Lihat sekitar dan amatilah. Untuk menyerap pengetahuan, harus dengan belajar, tapi untuk memperoleh kebijaksanaan, harus dengan mengamati. Kemampuan mengamati (Eye-Q) sering lebih penting dari IQ.

Untuk memperoleh ide, jadilah pendengar. Telinga adalah antena ide. Setiap orang memiliki suatu pengetahuan yang menarik untuk dicermati. Dengarkan, dan pasti ada suatu ide segar di sana. 
Untuk memperoleh ide, adalah dengan melemparkan pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan sederhana, sering melejitkan ide-ide untuk penemuan-penemuan hebat. 

Untuk memperoleh ide, pinjam suatu ide lalu bangun menjadi sebuah ide baru. Mengambil start dari ide orang lain hanyalah salah satu cara untuk menyetrum baterai kreativitas di kepala Anda. Bisa diumpamakan seperti melakukam jump-starting terhadap baterai mobil Anda, ketika mobil Anda mulai kehabisan energi. 

Untuk memperoleh ide, buatlah koneksi. Dalam kenyataan, banyak orang meraih kesuksesan bukan dengan memiliki koneksi, tetapi dengan membuat koneksi mental di antara hal-hal yang berbeda. Karenanya ada ungkapan, "kreativitas merupakan kekuatan untuk memghubungkan segala yang tampaknya tidak bisa dihubungkan."

Untuk memperoleh ide, belajar dari kesalahan dan kegagalan. Kesalahan dan kegagalan sungguh merupakan benih-benih kreativitas. Betapa banyak ide-ide besar terlahir dari sebuah kesalahan dan kegagalan. 

Ide, jika ia datang maka harus segera direkam, dicatat, sebelum ide itu pergi dan terbang jauh. 

"Satu rahasia sukses yang menurutku paling berat juga yang paling mendasar adalah catatlah segalanya. Istirahatkan memori Anda."
~ Rick Pitino, pelatih basket terkenal.

6. Pengembangan diri
Sifat keenam yang dimiliki oleh orang-orang sukses adalah pengembangan diri. Mereka secara konstan memperbaiki diri mereka sendiri dan kinerja mereka, entah itu berkaitan dengan karir, proyek, produk, atau layanan, selain memperbaiki pengembangan diri juga dilakukan dengan berlatih dan berlatih. 

Merasa tidak puas bukan berarti tidak bahagia. Dibelakang kepala orang-orang sukses, seolah-olah ada suara yang terus berkata, "Come on. Jadikan lebih baik."

Dan itu merupakan suatu hal yang bagus, sebab kesuksesan seperti tangga dengan banyak tingkat, dan Anda beranjak dari satu tingkat pertama ke tingkat selanjutnya dengan mengusahakan diri menjadi lebih baik. Pengembangan diri, perbaikan diri, menjadi kuncinya. 

"Aku tidak bisa puas dengan diriku saat ini, dengan status quo. Dan karenanya harus selalu memperbaiki diri, melakukan sesuatu yang lebih baik."
~ David Gallo, ilmuwan kelautan Institute Woods Hole Oceonagraphic.

7. Melayani
Orang-orang sukses memiliki sifat melayani orang lain. Dan inilah saat untuk meneropong keluar, karena meraih kesuksesan dan kekayaan adalah tentang melayani orang lain. Yang dimaksud, dengan melayani yaitu berpikir tentang orang lain, bekerja untuk mereka, dan menghasilkan sesuatu yang mereka inginkan, atau butuhkan.

Melayani adalah kunci utama kesuksesan. Sampai-sampai beberapa bisnis menyebut diri mereka dengan bisnis "layanan". 

Melayani orang lain, sesungguhnya Anda akan mendapatkan kembali apa yang Anda bagi-bagikan tersebut. 
Melayani orang lain, akan memberi Anda kebahagiaan, kepuasan, penghargaan, kontribusi, pengakuan dan kekayaan. 

"Menurutku, semakin banyak kita berbagi dan semakin banyak kita memberi, semakin banyak kita memperoleh."
~ Don Green, founder Roots Clothing.

"Anda bisa memperoleh apa pun yang Anda inginkan di dunia ini, jika Anda mau menolong orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan."
~ Zig Ziglar, pembicara dan penulis terkenal.

8. Tekun
Sifat kedelapan yang dimiliki orang-orang sukses adalah tekun. Mereka tahan banting menghadapi waktu, kegagalan, dan kemalangan. Satu-satunya alasan orang sukses mendapat pekerjaannya sekarang adalah karena mereka bertahan lama daripada yang lainnya, jadi ketekunan itu sangat penting.

Ketekunan berarti kemampuan untuk terus berjuang, baik dalam kegagalan, rasa sakit, penolakan, kritikan, kejelekan, dan semua hal buruk yang dihadapi. 

Relentless Forward Motion/RFM (Bergerak Maju dengan Teguh) dapat menjadi strategi untuk bertekun. RFM sebetulnya adalah istilah untuk para pelari ultra-marathon. Dan hanya untuk menyelesaikan larinya, telah menyita stamina, dan kunci untuk ketekunan mereka adalah RFM (mereka terus meneruskan tekadnya dengan teguh, dan tak peduli seberapa buruk medannya atau seberapa lelah mereka). 

RFM tidak hanya ditemukan dalam lari ultra-marathon. Orang-orang sukses dalam segala bidang juga melaksanakannya. CEO Sphere Advisors Patricia Seeman bekerja dengan banyak eksekutif papan atas Eropa dan Amerika, dan ia berkata RFM juga berlaku dalam ruang dewan pimpinan, "Para CEO yang berkerjasama denganku adalah laki-laki dan wanita yang bertahan paling akhir."

Maka dari itu, ketika Anda tengah mengalami rintangan, dan tergoda untuk menyerah, disarankan untuk mengingat tiga huruf ini di kepala Anda : RFM. 

Tidak peduli apa yang terjadi, tetaplah melangkah ke depan dengan teguh, dan Anda akan kaget dengan pengaruh positif yang akan Anda peroleh. 

"Aku gagal melakukan tembakan sebanyak 9.000 kali selama karierku. Aku sudah mengalami kekalahan dalam hampir 300 pertandingan. Aku gagal dan berulang-ulang kali mengalaminya. Dan, Itulah mengapa Aku sukses." 
~ Michael Jordan, mahabintang basket. 

***

Sukses adalah jalan berkelanjutan. Penuh onak dan duri. Sarat tantangan dan rintangan. Lakukan dan miliki kedelapan sifat dari orang-orang sukses. Dan, inilah jalan kesuksesan Anda, apa pun arti kesuksesan itu bagi Anda. Sebab masing-masing orang memiliki definisi dan makna tentang sukses. 

Nikmatilah perjalanan Anda. Dan semoga kesuksesan menjadi milik Anda. 



*Sumber bacaan :
To Be Great karya Richard St. John. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar