Wisata Sumur Minyak Tua di Blora


Sumur Minyak Tua adalah sebutan bagi ratusan sumur minyak yang ada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Dikatakan tua karena sumur-sumur minyak itu ditemukan pertama kali pada tahun 1890 oleh Bataafsche Petroleum Maatchappij, perusahaan minyak Belanda yang sekarang bernama Shell.

Hingga saat ini, merujuk berbagai sumber referensi, sumur-sumur tua ini berjumlah sekitar 648 sumur minyak tua, 150 sumur diantaranya masih ditambang secara tradisional oleh masyarakat. Sekitar 130 sumur minyak tua dikelola oleh Koperasi Karyawan Pertamina Patra Karya (Kokapraya), dan 20 sumur lainnya dikelola penduduk secara perseorangan atau berkelompok. 

Lokasi sumur tua ini tersebar diberbagai wilayah, seperti Cepu, Nglobo, Ledok, dan Wonocolo, umumnya berada di perbukitan dan di kawasan hutan jati. 

Untuk menambang minyak, penduduk masih melakukannya secara tradisional dengan cara menggunakan timba yang talinya ditarik oleh sapi atau menggunakan tenaga manusia sekitar 15 orang. Disinilah menarik dan uniknya. 

***

Wisata Sumur Minyak Tua ini, merupakan wisata alam atau kegiatan wisata dibidang ilmu kebumian dengan obyek berupa lokasi yang berkaitan erat hasil proses geologi yang terkandung dan tersimpan didalam bumi. 

Karena pada umumnya kawasan Sumur Minyak Tua di Blora lokasinya berada di perbukitan dan ditengah kawasan hutan, hal ini sangat menarik dan menawan, sehingga sangat potensial dikunjungi wisatawan. 

Keberhasilan menarik wisatawan untuk berkunjung, sangat bergantung kepada promosi dan marketing yang baik, disamping dukungan infrastruktur yang memadai.  Semoga ini menjadi perhatian Pemerintah Kabaupaten Blora. 

Ayo berwisata ke Sumur Minyak Tua di Blora! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar