Kopi Indonesia Punya Lebih 200 Karakter Rasa


Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia, ini jadi indikator bahwa kopi Indonesia diakui dunia karena keragamannya. Kopi identik dengan rasa pahit, tetapi sebenarnya kopi punya karakter rasa yang saling berbeda.
Dikatakan Geoffry Samuel, Head of Marketing Maxx Coffee saat ditemui Okezone di Jakarta, kopi punya rasa yang berbeda satu dengan lainnya. “Kalau ditelisik lebih dalam, kopi Indonesia punya lebih dari 200 karakter rasa,” kata Geoffry yang sudah lama mendalami ilmu kopi ini.
Karakter rasa yang dimaksud adalah komposisi perpaduan rasa dari satu jenis kopi dan ini dipengaruhi oleh banyak hal diantaranya bibit kopi, kondisi tanah dan iklim dimana kopi ditanam.
“Setiap kopi lokal punya rasa yang berbeda, makanya kopi Indonesia dikenal berdasarkan daerah misalnya kopi Aceh Gayo, kopi Toraja, kopi Malabar. Semua punya karakter rasa yang berbeda,” terang pria ramah ini.
Kopi yang berkarakter adalah yang memiliki rasa yang kompleks yakni terasa kacang, cokelat dan asam atau dalam istilah perkopian dikenal dengan sebutan nutty, chocolaty dan citrusy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar