Ketekunan


Ketekunan identik dengan sabar, gigih, dan pantang menyerah. Jika kita lihat tokoh-tokoh hebat yang masyhur, mereka bisa meraih kesuksesan karena ketekunan mereka. Thomas Edison, penemu bola lampu yang telah melakukan percobaan hingga ribuan kali untuk menemukan bola lampu.

Ketekunan juga berarti konsisten, kontinyu atau istiqamah. Jika ada orang tekun belajar, maknanya orang tersebut belajar dengan rajin tanpa kenal lelah dan konsisten belajar. 

Dengan ketekunan yang dimiliki, berbagai rintangan dan kemalasan pada diri akan tunduk kepadanya. Ini berarti ketekunan adalah jiwa kegigihan dan pantang menyerah untuk terus belajar dan berusaha.

Bukan soal banyak, melainkan kontinyu. Dalam kontinyuitas tercipta kumpulan keahlian, pemahaman dan kedalaman.

Melakukan sesuatu secara kontinyu jelas membutuhkan keteguhan hati. Tak heran Daniel Goleman dalam bukunya Focus menambahkan sub judul The Hidden Driver of Excellence, sebab kunci dari keunggulan adalah ketekunan.

Dan sesuatu yang dilakukan secara kontinyu atau istiqamah sangat dicintai oleh Allah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW : 'Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinyu walaupun itu sedikit' (HR. Muslim).

Tekun dan fokuslah, Anda akan merasakan manfaatnya.

Salam #AmazingPeople


Prijanto Rabbani
Trainer and People Development Specialist
Founder Rabbani Optima Consulting


Tidak ada komentar:

Posting Komentar