Membangun Kebudayaan


Kebudayaan memberi bentuk kepada sikap hidup, sikap mental, dan pola hidup masyarakat. Sebaliknya, sikap dan pola hidup itu juga memberi bentuk kepada kebudayaan.

Kebudayaan dipelajari dan kebudayaan itu beradaptasi serta berkembang. Karena budaya berkembang, dipelajari, beradaptasi, serta dipengaruhi oleh berbagai faktor, maka diperlukan upaya sadar agar kebudayaan Indonesia berkembang ke arah yang baik.

Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi informatika yang demikian pesat, masyarakat dapat dengan mudah tercabut dari akar kebudayaannya dan diganti oleh budaya serba ingin cepat, dan dangkal. Ditengah suasana demikian, dekadensi di segala bidang seperti materialisme dan hedonisme juga mudah terjadi.

Tetapi di sisi lain, nilai-nilai positif, seperti kerja keras, menghargai prestasi, terbuka, toleran, kreatif, inovatif, dan kompetitif juga memperoleh kesempatan untuk berakar dan bertumbuh.

Di sinilah letak pentingnya kebijakan pembangunan budaya agar kebudayaan kita tumbuh dan memperkaya dirinya dengan nilai-nilai yang sehat, seraya menyaring agar nilai-nilai yang tidak sehat tidak turut merasuk.

Strategi pembangunan kebudayaan yang dilaksanakan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, akan mempengaruhi warna dan masa depan kebudayaan bangsa.

Prijanto Rabbani
Director Centre for Strategic and Policy Studies
Founder Prijanto Rabbani Institute

IG : @PrijantoRabbani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar