Duduklah dan Ambil Hikmah


Dalam hal pergaulan, Imam Al-Ghazali memberi nasihat indah yang bersumber dari Kitab Tanbiihul Ghaafilin (Peringatan Bagi yang Lupa).

#Kesatu : Barangsiapa yang sering duduk bersama orang-orang kaya, maka Allah akan menambahkan kepadanya cinta dunia dan semangat untuk mendapatkan dunia.

#Kedua : Barangsiapa yang sering duduk bersama orang-orang miskin, Allah akan menambahkan kepadanya perasaan syukur dan ridha atas pemberian Allah.

#Ketiga : Barangsiapa yang sering duduk dengan para pemimpin/raja (pejabat), Allah akan menambahkan kepadanya perasaan sombong dan kerasnya hati.

#Keempat : Barangsiapa yang sering duduk dengan perempuan, Allah akan menambahkan kepadanya kebodohan dan syahwat.

#Kelima : Barangsiapa yang sering duduk dengan anak-anak kecil, Allah akan menambahkan kepadanya kelalaian dan senda gurau.

#Keenam : Barangsiapa yang sering duduk dengan orang-orang fasik (gemar bermaksiat), Allah akan menambahkan kepadanya keberanian berbuat dosa dan kemaksiatan serta semangat untuk berbuat maksiat, kemudian menunda-nunda akan taubat.

#Ketujuh : Barangsiapa yang sering duduk dengan orang-orang shalih, Allah akan menambahkan kepadanya kegemaran dalam amalan-amalan ketaatan.

#Kedelapan : Barangsiapa yang sering duduk dengan para ulama', Allah akan menambahkan kepadanya ilmu dan sikap waro' (berhati-hati dalam mengambil harta dunia).

Manusia diberi Allah akal pikiran, dan kemampuan untuk membedakan benar dan salah, baik dan buruk.
Duduklah, berkumpullah, bergaullah dan ambillah hikmahnya.

Duduklah bersama ulama dengan akalmu.
Duduklah bersama pemimpin dengan ilmumu.
Duduklah bersama teman dengan adab/etikamu.
Duduklah bersama keluarga dengan kelembutanmu, dan
Duduklah bersama orang bodoh dengan kemudahan hatimu.


Salam #AmazingPeople

Prijanto Rabbani
Trainer and People Development Specialist
Talents Mapping Practitioner
Founder Rabbani Optima Consulting

IG : @PrijantoRabbani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar