Pantang Menyerah


Tidak berhasil menyelesaikan suatu permasalahan tidak lantas dikatakan gagal. Orang yang tidak berhasil bisa mencoba lagi untuk kedua kalinya, pun yang gagal kedua kali bisa mencoba lagi untuk kali ketiga, sampai berhasil. Tetapi patah semangat karena tidak berhasil menyelesaikan suatu permasalahan bisa membuat seseorang gagal.

Sifat gigih dan pantang menyerah adalah wujud kepribadian seseorang yang tanpa bosan bangkit dari satu kegagalan ke kegagalan lain dan akhirnya mencapai sukses dan keberhasilan.

Rajin dan pantang menyerah adalah sepasang sifat dasar yang harus dimiliki seseorang untuk sukses dan berhasil mencapai yang dicita-citakan dan diperjuangkan. Seseorang yang gigih, rajin, dan pantang menyerah adalah seseorang yang memiliki daya imajinasi dan kreatifitas yang tinggi. Ia senantiasa berusaha mencari berbagai jawaban atas keragaman tantangan yang dihadapinya.

Berikut cara mempertahankan semangat jurang dan pantang menyerah:

#Mengakui kekurangan. Kalau Anda mempunyai kecendrungan mudah menyerah, langkah pertama pertama yang paling penting adalah mengakui kelemahan itu. Dengan demikian, Anda akan lebih siap untuk memperbaikinya.

#Motivasi diri. Kesadaran untuk mengembangkan sikap pantang menyerah diperlukan untuk meraih keberhasilan hidup. Orang yang mudah menyerah dan mudah putus asa adalah orang yang gagal.

#Arahkan pada tujuan. Bila Anda memandang pada tujuan, maka hambatan tidak akan menakutkan. Tapi sebaliknya, bila terfokus pada hambatan, Anda akan mudah kehabisan daya juang.

#Berani mengambil risiko. Sikap ini bukan berarti tanpa perhitungan. Justru, buah dari pertimbangan yang matang. Keberanian yang benar bukan berarti seperti orang yang terjun bebas ke jurang, tapi seperti orang yang menuruninya setahap demi setahap dengan persiapan yang matang.

#Berpikir kreatif. Imbangi kegigihan dengan pemikiran yang kreatif. Bila perjalanan Anda terhalang oleh batu cadas, tidak perlu membenturkan kepala untuk membuktikan Anda pantang menyerah. Berhentilah sejenak dan pikirkanlah bagaiman cara mengatasinya.

Salam #AmazingPeople!!!

Prijanto Rabbani
Trainer and People Development Specialist
Talents Mapping Practitioner
Founder Rabbani Optima Consulting

IG : @PrijantoRabbani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar