Manfaat Membaca Buku Setiap Hari


Membaca buku tampaknya bukan lagi menjadi hobi kebanyakan orang, sejak teknologi dan media sosial semakin berkembang. Seperti yang kita ketahui, buku adalah jendela dunia dan sumber pengetahuan. Tidak ada batasan umur untuk membaca buku, dari anak-anak hingga orang tua sekali pun.

Jika Anda termasuk salah satu dari banyak orang yang tidak terbiasa membaca secara teratur, Anda jelas kehilangan manfaat yang seharusnya Anda dapatkan, karena membaca memiliki sejumlah manfaat yang signifikan.

Bagi Anda yang memiliki waktu padat, cobalah luangkan beberapa menit untuk mulai membaca. Ada banyak manfaat bila Anda mau meluangkan waktu barang sejenak untuk membaca buktu setiap hari.

Apa saja manfaat yang bisa Anda dapat?

Pertama, Merangsang Otak

Kegiatan membaca dapat melatih dan merangsang otak pada daerah neurologis. Otak dirangsang seolah-olah memahami dan mengalami apa yang dibaca. Misalnya Anda sedang membaca buku resep makanan, otak akan menstimulasi seolah-olah Anda membayangkan proses dari pembuatan sebuah makanan.

Studi menunjukkan bahwa membaca setiap hari dapat mencegah Alzheimer dan Demensia, karena dengan membaca, otak terjaga tetap aktif dan membuatnya tidak mudah kehilangan ingatan. Sama seperti otot lain di dalam tubuh, otak membutuhkan latihan agar tetap kuat dan sehat.

Kedua, Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Dengan membaca buku dapat mengisi kepala kita tentang berbagai macam informasi baru yang selama ini belum kita ketahui yang kemungkinan besar hal tersebut dapat berguna bagi kita nantinya. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka kita akan lebih siap untuk menghadapi tantangan hidup baik dimasa sekarang maupun di masa-masa yang akan datang.

Selain itu, ilmu pengetahuan merupakan hal yang sangat berharga yang tidak pernah dapat hilang meskipun kita kehilangan hal-hal lain didunia ini, seperti harta, benda, maupun yang lainnya. Cerita maupun ide-ide yang tertuang dalam sebuah buku yang kita baca dapat membantu untuk membuka jalan pikiran kita untuk lebih mengenal dunia lain, mendapatkan pemahama yang lebih dari sebelumnya.

Ketiga, Keterampilan Berpikir Analitis

Pernahkah Anda membaca novel misteri yang penuh teka-teki, dan memecahkan misteri itu sebelum menyelesaikan bukunya?

Jika demikian, Anda termasuk orang yang dapat menerapkan pemikiran kritis dan analitis untuk mencatat semua rincian dan mengungkap kesimpulan dari teka-teki itu. Membaca jelas dapat melatih kita memahami rangkaian peristiwa, runutan dan jalannya cerita, sehingga otak kita menjadi lebih mampu memproyeksikan kesimpulan dari informasi yang tersedia.

Keempat, Memahami Orang Lain

Bila Anda tidak begitu suka membaca tentang topik yang cukup berat, Anda dapat memilih membaca topik ringan seperti novel fiksi. Dengan membaca buku, Anda dapat memahami pemikiran dan perasaan orang lain, sehingga Anda dapat meningkatkan dan memperluas rasa empati dan kemampuan sosial.

Kelima, Mengurangi Stres

Waktu santai Anda, dapat diisi dengan membaca buku. Selain mendapatkan pengetahuan, membaca buku juga dapat mengurangi stres yang sedang Anda hadapi. Penelitian yang dilakukan oleh University of Sussex membuktikan bahwa stres dapat hilang sebanyak 68 persen setelah membaca buku, mengalahkan kegiatan seperti mendengar musik atau berjalan-jalan. Enam menit membaca buku, telah cukup membuat detak jantung Anda lebih terkontrol dan mengurangi ketegangan pada otot.

Anda mungkin menghadapi stres di tempat kerja ataupun dalam hubungan pribadi. Belum ditambah masalah lain yang tak terhitung jumlahnya dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya Anda perlu meninggalkan ketegangan itu sejenak. Nah, novel yang ditulis dengan baik dapat membawa Anda ke alam lain, sementara sebuah artikel menarik akan mengalihkan perhatian Anda dari rutinitas yang membosankan. Maka jika Anda ingin lebih rileks, cobalah untuk membaca, terutama hal-hal yang menggembirakan dan inspiratif.

Keenam, Membuka Pikiran

Seseorang yang memiliki kegemaran membaca, terbukti memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dibanding orang-orang yang tidal gemar memba├ža. Dengan membaca buku, kita mencoba memahami apa yang orang lain pikirkan juga. Oleh karena itu, toleransi kita terhadap orang lain semakin terbuka dan meningkat.

Dengan kegiatan membaca buku, Anda bisa berbagi pengalaman dengan orang lain tentang berbagai macam hal, yang nantinya bisa Anda jadikan sebagai suatu bahan pertimbangan untuk dapat memutuskan sesuatu.

Ketujuh, Meningkatkan Konsentrasi

Membaca memang memerlukan fokus dan konsentrasi, agar apa yang kita baca dapat dipahami dengan benar. Apalagi membaca buku tentang detektif atau pemecahan masalah, otak dilatih untuk menganalisis dan berpikir kritis. Hal ini tentu akan berdampak pada kehidupan seseorang dalam memutuskan sebuah pilihan.

Dalam rentang 5 menit, rata-rata orang akan membagi waktunya antara mengerjakan tugas, memeriksa email, mengobrol dengan beberapa orang via chat, skype, mengawasi twitter, memantau ponsel mereka, dan berinteraksi dengan rekan kerja. Perilaku seperti itu menyebabkan tingkat stres meningkat, dan menurunkan produktivitas kita.

Ketika Anda membaca sebuah buku, semua perhatian Anda terfokus pada cerita, dan Anda dapat melibatkan diri Anda dalam setiap detail yang Anda rasakan. Cobalah membaca selama 15 sampai 20 menit sebelum bekerja, Anda akan terkejut melihat betapa Anda lebih fokus begitu Anda sampai di kantor.

Kedelapan, Menambah Kosakata

Tanpa Anda sadari, sering membaca buku akan memperbanyak kosakata. Semakin banyak kosakata yang Anda ketahui, semakin banyak pula kata yang dapat digunakan dalam keseharian kita. Dengan begitu Anda dapat menyampaikan sesuatu dengan bahasa yang lugas, dan dapat menambah wawasan saat berbicara dengan orang lain dan mengekspresikan banyak hal dengan baik, sehingga sangat membantu dalam profesi apa pun. 

Selain itu, menyadari bahwa Anda dapat berbicara dengan orang lain dengan rasa percaya diri bisa menjadi dorongan besar untuk kehidupan Anda. Mereka yang membaca dengan baik, akan berbicara dengan baik, dan memiliki pengetahuan luas tentang berbagai topik. Mereka ini cenderung mendapat promosi lebih cepat dari pada orang yang memiliki sedikit kosakata dan kurang memahami sastra, terobosan ilmiah, dan kejadian global.

Kesembilan, Keterampilan Menulis

Membaca karya yang diterbitkan dan ditulis dengan baik memiliki dampak yang nyata pada tulisan seseorang. Pasalnya mengamati irama, aliran, dan gaya penulisan orang lain akan selalu mempengaruhi karya Anda sendiri. Dengan cara yang sama seperti para musisi saling mempengaruhi satu sama lain, dan pelukis menggunakan teknik yang digunakan maestro sebelumnya, begitu pula penulis belajar bagaimana menyusun prosa dengan membaca karya orang lain.

***

Betapa banyak manfaat yang akan Anda dapatkan bila mau dan mampu meluangkan waktu sejenak dalam satu hari untuk membaca buku.

Kemauan yang kuat untuk terus membaca menjadi kunci. Sebab, ternyata membaca buku tidak hanya sebagai sumber ilmu dan jendela dunia, sebagaimana yang selama ini dipahami. Namun, ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan.

Ayo membaca buku setiap hari!

_____

      Tips Membaca Buku Secara Efektif
  • Pilihlah waktu luang yang tepat untuk membaca buku, misalnya saja saat malam hari menjelang tidur. 
  • Pilih posisi yang nyaman pada saat membaca buku, misalnya dengan duduk di kursi. Selalu atur jarak antara mata dengan buku, yaitu sekitar 25 hingga 30 cm. 
  • Menentukan tujuan membaca buku untuk mendapatkan hasil yang optimal. Seseorang yang membaca buku tanpa tujuan, sama saja dengan seorang pengembara yang tak tahu arah. 
  • Sebelum membaca sebaiknya kita mengetahui gambaran besar tentang isi buku, hal tersebut akan mempermudah konsentrasi pada saat membaca. 
  • Selalu fokus pada apa yang kita baca. 
  • Menjadi pembaca yang aktif, dalam artian kita bisa melakukan dialog dengan buku. Misalnya saja kita bisa membuat berbagai pertanyaan yang nantinya akan kita temukan jawabannya di dalam buku yang kita baca. 
  • Menentukan teknik dalam membaca, misalnya saja kapan waktu yang tepat untuk membaca dengan cepat, lambat, dengan nada keras, maupun membaca dalam hati. 
  • Mencatat hal-hal penting yang telah kita baca. Hal ini akan membantu kita untuk mengingat intisari dari buku yang telah kita baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar