Mengelola Stres dengan Benar


Hampir setiap orang tidak bisa lari dari berbagai macam tekanan, baik itu pekerjaan maupun kehidupan pribadi. Jika tidak kuat secara mental, maka stres akan mulai menggeroti pikiran dan berdampak pada kesehatan tubuh.

Karena itu, penting bagi Anda untuk mengelola stres, bukan menghindarinya. Karena, bagaimana pun Anda tidak akan bisa lari dari stres.

Berikut adalah 5 teknik sehat yang telah terbukti oleh sejumlah penelitian psikologi dapat membantu mengelola stres dalam jangka panjang dan pendek:

Istirahat dari pekerjaan

Mungkin tampak sulit untuk menjauh dari pekerjaan atau bayi yang menangis. Tetapi, ketika Anda membiarkan diri memiliki waktu untuk melakukan sesuatu yang lain, maka akan tertanam perspektif atau teknik-teknik baru mengurangi kewalahan. Sangat penting untuk tidak menghindari stres, tapi cukup meluangkan waktu 20 menit untuk mengurus diri sendiri akan membantu mengendalikannya.

Olahraga
Penelitian terus berkembang bahwa olahraga bermanfaat untuk pikiran Anda, sama seperti tubuh. Olahraga rutin akan bermanfaat untuk jangka panjang. Bahkan, 20 menit berjalan kaki, jogging, berenang atau sesi tari di tengah-tengah waktu stres dapat memberikan efek langsung yang berlangsung selama beberapa jam.

Tersenyum dan tertawa
Otak kita saling berhubungan dengan emosi dan ekspresi wajah. Ketika orang stres, maka akan sering terlihat di wajah mereka. Jadi, tertawa atau tersenyum dapat membantu meringkan beberapa ketegangan akibat stres dan memperbaiki situasi.

Mendapatkan dukungan sosial
Anda biasanya berbagi keluh kesah atau perasaan dengan orang lain, tetapi itu tidak akan membantu menghilangkan stres. Penting bagi berbicara dengan seseorang yang bisa dipercaya, dapat memahami dan meyakinkan Anda.
Berdoa  
Berdoa secara sadar membantu pikiran dan tubuh rileks serta fokus. Ketika berlatih bentuk kesadaran, orang dapat melepaskan emosi yang mungkin telah menyebabkan stres fisik. Sama seperti olahraga, penelitian telah menunjukkan bahwa bermeditasi (berdoa) secara singkat dapat menuai manfaat langsung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar