Keberkahan Air


Air, tak dapat dipungkiri memiliki manfaat dan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya, sebagian besar kandungan alam di bumi adalah terdiri dari air.

Tak hanya mendominasi bumi, air juga memiliki volume terbanyak dalam tubuh manusia. Dapat dikatakan, air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia yakni sebesar 60% dari total berat badan. Bagi orang dewasa, 60% dari tubuhnya merupakan air. Sedangkan untuk bayi dan janin, kandungan air di masing-masing tubuhnya memiliki jumlah yang lebih banyak yakni 70% dan 80%.

Selain terdapat dari cairan yang diminum, kandungan air juga menyatu dalam darah. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan meminum air sekira 2 liter per hari. 

Manfaat air sendiri tak hanya berguna bagi manusia. Semua makhluk di bumi membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Tak terkecuali pohon dan tumbuhan lainnya. Sebagaimana dikutip dari buku Sains Berbasis Al Quran (2015), elemen air seakan menjadi berkah bagi semua makhluk hidup.

"Dan dari langit Kami turunkan air yang memberikan berkah lalu Kami tumbuhkan dengan (air) itu pepohonan yang rindang dan biji-bijian yang dapat dipanen," (QS. Qaf: 9).

Dalam buku tersebut diulas salah satu karakteristik dan keistimewaan dari air. Elemen air memiliki sifat polaritas yang memberikan muatan parsial negatif dan positif kepada molekul polar lainnya. Sifat molekul air yang mengikat hidrogren tersebut menyebabkannya memiliki sifat adhesi.

Sifat tersebut dapat memunculkan gejala kapilaritas, yakni sangat bermanfaat bagi transportasi air dalam tumbuhan. Demikian pula sifat kohesi yang memunculkan gejala tegangan permukaan yang bermanfaat bagi kehidupan.

Sementara dalam tubuh manusia, air memiliki manfaat dan fungsi sebagai pembawa zat-zat nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, dan mineral. Lalu air juga berfungsi sebagai pembawa oksigen ke dalam sel-sel tubuh. Karenanya, setiap makhluk di bumi tidak akan terlepas dari air yang membawa berkah bagi semua kehidupan.

Itulah keberkahan air. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar