9 Tipe Kecerdasan Manusia


#Insight - Ilmu psikologi modern telah menemukan setidaknya sembilan bentuk kecerdasan manusia. Semua orang sebenarnya memiliki sembilan jenis kecerdasan tersebut. 

Hanya, ada jenis kecerdasan tertentu yang lebih menonjol. Itulah yang menyebabkan masing-masing manusia itu unik dan berbeda. 

Berikut sembilan jenis kecerdasan manusia. 

Kecerdasan SpasialSanggup menggambarkan dunia dalam bentuk tiga dimensi 
Kecerdasan ini membuat kita sanggup memperhitungkan jarak, volume, bentuk, detail, pola, warna, dan ciri-ciri fisik dari sebuah objek. Semakin cerdas kemampuan spasial seseorang, semakin akurat kemampuannya menyusun sebuah bentuk. Misalnya dalam pembuatan peta, maket bangunan, dan sebagainya. 

Kecerdasan NaturalisMemahami kebutuhan makhluk hidup 
Kecerdasan ini membuat kita pandai merasakan pertanda alam. Selain itu, dengan kemampuan ini, manusia juga bisa mengerti kebutuhan dari makhluk hidup lainnya. Contohnya adalah memahami kebutuhan tanaman akan kandungan unsur hara dari ciri-ciri daun atau sebagainya. 

Kecerdasan Musikal : Mencerna suara dan membedakan tinggi-rendahnya nada 
Kecerdasan musikal akan membuat kita memahami tinggi-rendahnya nada, ritme, dan puncak nada ketika mencerna suatu suara. 
Contoh sederhana semisal teman kamu yang langsung mengetahui kunci nada hanya dalam sekali kesempatan mendengar lagu tertentu. 

Kecerdasan Logika-Matematis : Memiliki kemampuan analisis dengan metode 
berhitung Kecerdasan logika-matematis berhubungan dengan kemampuan berhitung, menguantifikasi sesuatu hal, membuat hipotesis, dan membuktikannya lewat nalar ilmiah. Kecerdasan inilah yang sering kita lihat sehari-hari di sekolah atau kampus. 

Kecerdasan Eksistensial : Menemukan esensi dan alasan filosofis 
Orang-orang sebenarnya memiliki kecerdasan ini. Kecerdasan eksistensial mulai muncul saat kita remaja. Pada saat itu, biasanya kita mempertanyakan mengenai jati diri dan diri kita yang sejati. 

Kecerdasan Interpersonal : Merasakan emosi orang lain 
Manusia memang makhluk yang berbeda. Perlu kemampuan khusus untuk mendeteksi kebutuhannya. Selain itu, mereka juga dibekali dengan kemampuan simpati dan empati. Kemampuan merasakan perasaan orang lain dan motif mereka, termasuk dalam kecerdasan interpersonal. 

Kecerdasan Kinestetik-Jasmani : Mampu menyelaraskan pikiran dan koordinasi gerak anggota tubuh. 
Kecerdasan kinestetik-jasmani membuat kita mampu menyelaraskan pikiran dan tubuh. Semakin cerdas kinestetik-jasmani seseorang, tubuhnya semakin mudah digerakkan sesuai dengan pikirannya. Para atlet bela diri biasanya memiliki kecerdasan ini, ketika mereka menyusun strategi dalam sepersekian detik untuk menjatuhkan lawan. 

Kecerdasan Linguistik : Kemampuan untuk memilih kata yang tepat digunakan dalam berkomunikasi. 
Kecerdasan linguistik membuat kita mampu memilih kata dan metode yang tepat dalam berkomunikasi. Akibatnya adalah efek persuasif kepada orang yang membaca tulisan atau mendengarkan pembicaraan kita menjadi semakin besar. 

Kecerdasan Intrapersonal : Sanggup mengenali kebutuhan diri sendiri 
Ada manusia yang sanggup mengidentifikasi dirinya sendiri. Ia mampu merasakan apa yang sesungguhnya ia inginkan dan butuhkan. Ciri-ciri itu menandakan bahwa orang tersebut memiliki kecerdasan intrapersonal. 

Sumber : Koran Sindo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar