Kerja Tim Membuat Manusia Lebih Cerdas


Dalam pekerjaan, tentu Anda pernah diminta untuk bekerja dalam sebuah tim. Baru-baru ini sebuah studi mengungkapkan bahwa kerja tim bisa membuat kita lebih cerdas. Hal tersebut karena berdampak pada produktivitas.

Dr Damon Centola dari University of Pennsylvania mengindikasikan bahwa kerja tim bisa menghasilkan keputusan besar dalam dunia kesehatan, ilmu iklim, dan masih banyak lagi.

“Teori lama mengatakan bahwa jika Anda membiarkan orang berbicara dengan orang lain dalam grup maka hal itu akan membuat sesat,” ungkapnya seperti dinukil dari laman Daily Mail.

Dr Centola juga mengatakan bahwa jaringann egaliter, jaringan yang membuat semua orang merasa sama-sama terpengaruh, ditemukan mereka terkena dampak dari pembelajaran sosial.

“Ketika orang mengubah ide mereka, semua orang berubah menjadi lebih cerdas. Ini bisa membuat semua menjadi kusut jika ada opini dari leader dalam grup,” jelasnya.

Dalam studi tersebut, semua partisipan diberikan tantangan seperti menambah jumlah kalori dalam piring. Pada akhir jawaban, grup secara konsisten lebih akurat daripada banyak orang yang bijaksana pada umumnya.

-----

Kecerdasan intelektual (IQ) selama ini sering kali dijadikan tolok ukur kesuksesan seseorang dalam berkarier. Seseorang dengan tingkat kecerdasan intelektual yang tinggi dapat menyelesaikan berbagai macam permasalahan dengan baik.

Tapi, jangan salah! Selain kecerdasan intelektual, ada hal lain yang tak kalah penting, yaitu kecerdasan emosional (EQ). Banyak penelitian yang mengatakan bahwa EQ berkontribusi 2 kali lebih penting dalam mempengaruhi kesuksesan seseorang jika dibandingkan dengan IQ.

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengindentifikasi, memahami, dan mengatur emosi diri sendiri maupun orang lain. Seseorang dengan EQ yang tinggi dapat memengaruhi perilaku orang lain baik secara positif maupun negatif. Kemampuan ini tentu dapat sangat mengutungkan bagi seseorang dalam kehidupan sehari-hari maupun lingkungan pekerjaan. Pekerja dengan kecerdasan emosional yang tinggi mudah untuk bekerja sama dengan orang lain, fleksibel, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Meskipun seseorang memiliki IQ yang tinggi dan memiliki kualitas kerja yang baik, tanpa EQ yang tinggi, sulit bagi orang tersebut untuk menjadi sukses.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, EQ memiliki peranan yang penting dalam kesuksesan seseorang. 

Hal ini disebabkan karena kecerdasan emotional yang tinggi akan membuat seseorang mampu menguasai 5 soft skill berikut ini:

#Self-awareness – Mampu mengenali emosi, kekuatan, kelemahan, kemampuan, dan batasan diri sendiri. Seseorang yang memiliki kesadaran terhadap diri sendiri yang tinggi akan mudah untuk mendengar, menerima, dan menjalankan kritik dari orang lain.

#Self-regulation – Mampu mengontrol emosi dan tindakan dengan baik sehingga jauh dari tindakan impulsif yang merugikan. Selain itu, seseorang dengan self-regulation yang tinggi tahu kapan saja harus mengeluarkan emosinya agar tidak memperkeruh suasana kantor.

#Motivation – Seseorang yang cerdas secara emosional adalah orang yang self-motivated. Motivasi dalam melakukan sesuatu akan datang dari diri sendiri, bukan karena tergiur uang maupun jabatan.

#Empathy – Empati dapat membuat seseorang memahami dan menumbuhkan koneksi dengan orang lain secara emosional. Ia juga akan lebih peduli dan tulus dalam berhubungan dengan rekan kerja.

#Social Skill – Skill untuk bersosialisasi tentunya sangat penting dalam dunia pekerjaan. Dengan memiliki social skill yang tinggi, secara langsung orang tersebut juga dapat memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan membangun relasi dengan baik.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar