Kepemimpinan dan Manajemen


Kepemimpinan adalah pengaruh, sementara manajemen adalah pengarah

-----------------

Jones dan George di dalam bukunya yang berjudul Essentials of Contemporary Management mendefinisikan kepemimpinan sebagai proses dimana seorang individu mempunyai pengaruh terhadap orang lain dan dapat mengilhami, menginspirasi, memberi semangat, memotivasi, dan mengarahkan kegiatan-kegiatan mereka guna membantu tercapai tujuan kelompok atau organisasi.

Sedangkan, manajemen menurut Griffin (1997) adalah serangkaian kegiatan (termasuk perencanaan dan pembuatan keputusan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian) yang diarahkan pada sumber daya organisasi (tenaga kerja, keuangan, fisik dan informasi) dan bertujuan untuk mencapai sasaran organisasi dengan cara yang efisien dan efektif.

Kepemimpinan memiliki pengaruh terhadap bawahannya, namun seorang pemimpin (leader) tidaklah harus seseorang yang memiliki jabatan dalam suatu organisasi. Jiwa kepemimpinan diikuti oleh sifat dan karakter seseorang yang dapat memotivasi dan menginspirasi banyak orang. Dengan kata lain, setiap orang dapat menjadi pemimpin.

Sementara manajemen adalah pengarah bagi sumber daya organisasi dalam mencapai tujuan organisasi. Setidaknya ada empat fungsi utama yang dilakukan manajemen sebagai pengarah, yaitu planning, organizing, leading dan controlling.

Manajer sebagai pimpinan bersifat administratif dan bertugas menjaga keberlangsungan dari empat fungsi utama tersebut. Oleh karena itu, umumnya manajer memiliki jabatan struktural.

Dan tentunya manajer yang baik adalah manajer yang memiliki dan mengekspresikan jiwa kepemimpinan dalam mengarahkan bawahannya.

Jika anda manajer, sudahkah anda memiliki dan menerapkan jiwa leadership?


#Leadership
#Management
PeopleDevelopment
#AmazingPeople
#RabbaniOptima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar