Ini Bukan di Gunung Fuji, Tapi Embung Kledung Temanggung


Kabupaten Temanggung selama ini memang dikenal sebagai penghasil tembakau. Namun dengan letak geografisnya yang diapit oleh dua gunung, yakni gunung Sindoro dan Sumbing, tentu saja wisata alam di Temanggung tak bisa dipandang sebelah mata.

Selain wisata Posong yang selama ini jadi andalan, ada juga embung Kledung yang mulai diminati oleh para wisatawan. Bahkan pemandangan yang disajikan mirip seperti gunung Fuji di Jepang.

Dari sini gunung sindoro terlihat begitu dekat. Selain memiliki air yang jernih, di embung tersebut juga terdapat ikan emas. Ketika ikan tersebut sedang menampakan diri, cobalah mengabadikanya dengan latar belakang gunung Sindoro. Wow super cantik! tak heran jika foto-foto embung Kledung kerap viral di sosial media.

Embung atau kolam buatan yang berada di kecamatan Kledung ini sekarang tak hanya untuk menampung air, namun menjadi destinasi wisata baru bagi warga lokal. Pemandanganya yang begitu indah serta udaranya yang sejuk adalah alasannya. Ketika langit sedang cerah-cerahnya, bias gunung Sindoro-pun terlihat diatas permukaan air. Embung Kledung memiliki luas 6889 meter persegi. Pembangunanya sendiri dilakukan pada tahun 2010 silam dengan memanfaatkan lahan bekas kebun tembakau. Kini diarea embung terdapat kebun holtikultura dimana pengunjung bisa melihat berbagai macam tanaman buah, sayur dan bunga-bungaan.

Secara administratif lokasi embung Kledung berada di Desa Kledung, Kec. Kleung, Temanggung, Jawa Tengah. Tak sulit untuk menemukanya karena berada tak jauh dari jalan raya Parakan - Wonosobo. Buat yang mau berburu foto, cobalah datang sejak pagi pagi buta. Pasalnya sunrise dari embung Kledung ini cukup ciamik.

Rute Ke Embung Kledung
Buat yang dari arah Magelang, Secang, atau Kota Temanggung ikuti saja petunjuk ke arah Parakan. Selanjutnya pilih ke arah Wonosobo. Kita akan dibawa melewati jalanan yang perlahan mulai menanjak. Gunung Sindoro dan gunung Sumbing menghiasi di sisi kanan dan kiri. Jika sudah memasuki kecamatan Kledung, perhatikan petunjuk jalan menuju embung Kledung. Jalannya masih satu jalur dengan pos pendakian Gunung Sindoro tepatnya setelah melewati gang menuju wisata Posong.

Demikian panduan lokasi dan rute ke embung Kledung Temanggung. Jika sudah bosan dengan wisata yang itu-itu saja, boleh dicoba nih wisata alternatif di Temanggung ini. 

Untuk tiket masuk embung Kledung sendiri sangat murah yakni hanya Rp 3 ribu. Sedangkan untuk tarif parkirnya juga standar yakni Rp 2 ribu/sepeda motor atau Rp 5 ribu/ mobil.

Selamat menikmati!!!

sumber : 
http://liburs.com/lokasi-dan-rute-ke-embung-kledung-temanggung-seperti-di-gunung-fuji/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar