Cara Menumbuhkan Minat Baca


Berdasarkan survei UNESCO minat baca masyarakat Indonesia baru 0,001 persen. Artinya, dalam seribu orang hanya ada satu orang yang memiliki minat baca. Hal ini menegaskan, minat baca literasi masyarakat Indonesia masih sangat tertinggal dari negara lain. Dari 61 negara, Indonesia menempati peringkat 60.

Namun menumbuhkan minat baca sendiri juga tidak mudah. Apalagi bila anda memiliki segudang aktivitas dan harus pintar-pintarnya membagi waktu.

Perubahan besar dimulai dari perubahan kecil. Dimulai dari diri sendiri kemudian disebarkan ke orang lain. Inilah yang bisa meningkatkan minat baca, yakni menyebarkan kembali nilai-nilai positif ini. Nah, ini yang bisa anda lakukan untuk menumbuhkan minat baca pribadi. 

Berikut cara menumbuhkan minat baca...

Pertama, luangkan waktu
Di tengah jadwal yang padat barangkali sangat sulit untuk menemukan waktu yang cocok untuk membaca buku. Solusinya sangat sederhana, yakni luangkanlah waktu barang sejenak untuk membaca. Misal menggunakan 15 menit untuk jeda dari aktivitas dan mulai membaca buku. Bila dilakukan rutin, cara ini lambat laun bisa menumbuhkan minat baca.

Kedua, bawa buku di tas
Selama melakukan aktivitas baik di kampus maupun di kantor atau dalam perjalanan kemana pun, anda pasti menemukan waktu di mana harus menunggu. Membawa buku di tas mungkin bisa menjadi sebuah penyelamat dari kebosanan menunggu. Dengan melakukan kebiasaan ini, anda pasti menemukan waktu yang pas untuk membaca buku satu atau dua bab.

Ketiga, buat daftar bacaan
Bila anda kesulitan untuk mulai menumbuhkan minat baca, mungkin anda perlu membuat sebuah list yang berisi daftar buku yang harus dibaca. Lakukan sedikit riset kecil-kecilan misal tentang buku atau penulisnya. Di daftar bacaan ini anda juga bisa menulis target bacaan. Dengan ini anda bisa mengasah minat baca dan memotivasi diri untuk terus membaca.

Keempat, bacakan pada orang lain
Jika kebiasaan membaca sudah mulai tumbuh di dalam diri. Cara selanjutnya adalah menyebarkan kecintaan membaca pada orang lain. Bacakanlah sebuah buku yang sesuai dan menarik pada orang lain. Misalnya, adik, orangtua, atau keponakan. Membacakan cerita pada orang lain merupakan salah satu cara yang menarik untuk menyebarkan minat baca kepada orang lain. Pasalnya, sedikit banyak bacaan anda akan membuat pendengar merasa senang dan terinspirasi.

Kelima, berkumpul dan bergaul dengan orang yang suka baca
Lingkungan adalah sarana yang baik untuk memotivasi diri, karenanya bila ingin tumbuh minat baca berteman dan bergaul dengan orang-orang yang suka baca adalah mempercepat minat baca. 

Ayo tumbuhkan minat baca masyarakat Indonesia dan kita mulai dari diri sendiri.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar