Antara Boss vs Leader


Membicarakan pemimpin dan kepemimpinan akan terus menarik, dikarenakan disamping berkenaan dengan manusia yang begitu banyak variabel yang mengikutinya, kepemimpinan juga berkenan dengan dinamika permasalahan, baik di level negara, perusahaan ataupun organisasi.

Pemimpin adalah kunci kepemimpinan. Karenanya mempelajari ilmu kepemimpinan (leadership) menjadi sangat penting bagi siapapun yang ingin menjadi pemimpin yang berkualitas dan amanah dalam menjalankan kepemimpinannya.

Pemimpin itu bukan bos! 
Sebab pemimpin itu memberdayakan dan mengakselerasi potensi. Sementara bos, bagaimana anak buah atau bawahan itu "yes man! " karenanya akhirnya menjadi ABS (asal bos senang). Potensi anak buah, bagi seorang bos tak penting, sebab baginya membentuk manusia yes man itu lebih utama.

Pemimpin itu menginspirasi, sementara bos "menakutkan". Pemimpin siap menerima saran dan kritik, dan seorang bos itu anti kritik. Kata-kata dan pendapatnya adalah sakral tak bisa dibantah.

Pemimpin itu membangun team work, sementara bos sangat enjoy ke individualistik. Sebab baginya, dirinya adalah segalanya.

Pemimpin itu "ngewongke" (pandai menghargai dan ringan mengapresiasi), sedangkan bos cenderung mengeksploitasi. 

Pemimpin adalah pemimpin, sedang bos adalah bos. Sangat berbeda! 
Anda termasuk kategori mana?

#SerialLeadership
#PrijantoRabbaniIdeas

@PrijantoRabbani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar