Sukses Kelola PAD, Walikota Parepare Raih Government Award 2017


Terobosan dan inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Parepare dalam bidang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) berhasil mengantarkan Walikota Parepare, DR. HM. Taufan Pawe, SH. MH meraih penghargaan dari Mendagri RI sebagai Kepala Daerah berprestasi dan inspiratif dalam ajang Government Award 2017.

Piala dan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Soni Sumarsono di Flores Ballroom, Borobudur Hotel, Jakarta (3/4).

Taufan mengungkapkan diterimanya penghargaan dan piagam tersebut menunjukkan bahwa Kota Parepare telah berhasil melakukan pengelolaan Pendapatan Asli Daerahnya sehingga mengalami peningkatan yang signifikan.

“Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami sebab melalui penghargaan ini berarti Kota Parepare telah mendapat pengakuan secara nasional dalam hal pengelolaan dan peningkatan PAD dalam menunjang pembangunan daerah,” beber Taufan.

Dijelaskan Taufan, PAD merupakan tulang punggung sumber pembiayaan pembangunan daerah. PAD yang mengalami kenaikan secara terus menerus akan berdampak pada peningkatan kemampuan dan kemandirian sumber daya keuangan yang dimiliki daerah.
Sehingga menurut Taufan, masyarakat Parepare patut berbangga karena ditengah keterbatasan sumber daya alam yang dimiliki, kota ini masih mampu hadir sebagai salah satu daerah dengan PAD tertinggi di Sulsel.

“PAD Kota Parepare nilainya memang tidak seberapa, tetapi pertumbuhannya 100 % lebih. Tahun 2013 PAD Kota Parepare hanyalah 67 miliar kemudian 2014 melonjak menjadi 110 miliar dan tahun 2015 menjadi 122 miliar. Tahun 2016 ini PAD kota Parepare sudah bertengger diangka 138 miliar,” terangnya.

Terpisah, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Soni Sumarsono mengapresiasi daerah – daerah yang berhasil meraih penghargaan melalui ajang Government Award ini karena betul- betul melalui proses dan seleksi yang ketat dan melibatkan banyak unsur, termasuk di dalamnya Kementerian Dalam Negeri.

“Jadi kalau ada Kepala Daerah di sini yang ikut Pilkada 2018 nanti, sudah punya amunisi tambahan. Tidak perlu capek- capek teriak kami hebat saat kampanye, karena sertifikat dan penghargaan ini sudah membuktikan anda adalah pemimpin pilihan, kebanggaan, yang telah mendapat pengakuan warga yang anda pimpin,” tandasnya.

Diketahui, sebanyak 13 Walikota juga turut menerima penghargaan tersebut yang dibagi dalam beberapa kategori. Dalam kesempatan yang sama, juga diberi penghargaan kepada 21 Kepala Daerah Kabupaten. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar