Aktivitas yang Bisa Merusak Otak



Tahukah Anda, bila aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari dapat merusak otak? Mungkin Anda tidak sadar, karena dampaknya memang terkadang tidak langsung terasa.

Otak adalah salah satu organ vital tubuh dan merupakan pusat pengendali yang Anda lakukan setiap hari. Tapi, otak juga merupakan salah satu organ yang rentan.

Dengan sadar atau tidak sadar, mungkin Anda melukainya ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya melukai secara fisik, tetapi juga mengurangi kemampuan mental Anda.

Berikut aktivitas sehari-hari yang bisa merusak otak 

Terlalu sedikit bicara
Otak kita seperti otot, peregangan dan latihan akan membantu memperkuatnya. Berbicara dengan orang-orang dan berpatisipasi dalam percakapan intelektual adalah latihan otak yang meningkatkan efisiensinya dari waktu ke waktu. Nah, jangan jadi orang pendiam ya, teruslah berbicara selama positif!

Konsumsi gula tinggi
Gula tersembunyi di hampir semua makanan yang Anda konsumsi. Terlalu banyak konsumsi gula dalam jangka panjang mengganggu kemampuan tubuh menyerap nutrisi dan protein. Hal ini bisa menyebabkan malnutrisi, suatu kondisi yang menghambat perkembangan otak. Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak memiliki cukup nutrisi dalam aliran darah, sehingga tak memberikan nutrisi yang cukup ke otak, menghambat perkembangannya.

Menghirup polusi udara
Otak kita membutuhkan banyak oksigen untuk berfungsi dengan baik. Terus-menerus menghirup udara tercemar menurunkan pasokan oksigen ke tubuh dan otak, yang bisa mengurangi efisiensi otak.

Makan berlebihan
Terlalu banyak makan tidak hanya membuat tubuh bertambah gemuk atau kembung. Kebiasaan ini juga bisa mengeraskan arteri di otak, sehingga membahayakan kemampuan mental Anda.

Kurang tidur
Jika Anda termasuk orang yang kurang tidur dari 6 jam setiap malam, maka harus hati-hati. Kurang tidur dalam jangka panjang bisa menyebabkan kematian sel otak. Hal ini dapat menyebabkan banyak gejala parah lainnya, seperti ketidaksadaran, masalah pernapasan dan penglihatan.

Meletakkan handphone di samping kepala saat tidur
Elektromagnetik memancarkan radiasi, yang dalam jangka panjang sangat merugikan kesehatan Anda. Menggunakan ponsel sepanjang hari, dan tidur diletakkan di samping kepala memiliki dampak yang buruk pula.

Sebuah studi di Swedia menemukan, radiasi dari ponsel bisa menyebabkan sakit kepala dan kebingungan. Banyak penelitian mengklaim adanya hubungan pasti antara radiasi ponsel dan banyak kanker, termasuk tumor otak.

Menutupi kepala saat tidur
Tidur dengan kepala tertutup selimut atau bantal dapat menghalangi asupan oksigen. Otak membutuhkan suplai oksigen yang besar agar berfungsi dengan baik. Dengan wajah tertutup, Anda justru menghirup lebih banyak karbondioksida yang dibuang dari napas daripada oksigen segar.

Melewatkan sarapan
Kita semua tahu sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari. Tapi, masih banyak orang melewatkan sarapan karena sejumlah alasan.

Padahal, tubuh membutuhkan nutrisi segera setelah bangun dan menjalankan aktivitas. Tidak sarapan menyebabkan penurunan kadar gula darah yang menyebabkan pasokan nutrisi kurang mencukupi ke otak. Jika Anda menjadi ini sebagai kebiasaan, maka dapat menyebabkan degenerasi otak.

Merokok
Siapa yang tidak tahu merokok itu berbahaya bagi kesehatan? Salah satu efek samping kebiasaan merokok yang paling mengancam adalah mengecilkan saraf otak. Merokok juga meningkatkan risiko Alzheimer dan Demensia.

Kurang dalam merangsang pikiran
Berpikir seperti alat yang membantu latihan otak Anda. Jika Anda tidak berpikir, efisiensi otak akan menurun. Jaga otak tetap aktif dengan memecahkan permainan teka-teki.

Demikian, aktivitas-aktivitas yang dapat merusak otak sebagaimana dilansir laman Timesofindia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar