Kuliner Khas Blora



Blora merupakan kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Sekitar 127 km sebelah timur Semarang. Berada di bagian timur Jawa Tengah, Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. 


Blora merupakan kota yang memiliki kuliner khas yang beragam. Berbagai kuliner khas dan nikmat dapat dengan mudah ditemukan. Tidak heran bila wisatawan yang berkunjung ke Blora sangat ingin mencicipi kuliner khas Blora yang lezat tersebut. Sehingga tidak jarang wisatawan yang sengaja datang ke Blora hanya sekedar untuk mencicipi kuliner khas Blora. 

Berikut kuliner khas Blora yang patut Anda coba bila datang dan berkunjung ke Blora.


Soto Blora



Soto Blora berbeda dengan soto yang ada di daerah lain, soto ini diolah dengan takaran yang pas sesuai selera sehingga terasa lebih lezat. Yang membedakan soto ini dari soto daerah lain yaitu salah satunya adanya tambahan klethuk. 

Klethuk merupakan singkong yang digoreng garing yang dipotong kecil-kecil sehingga memiliki rasa renyah dan enak. Karena tambahan klethuk ini, soto Blora juga dikenal dengan Soto Klethuk. 

Soto Blora ini terdiri dari mie atau soun, suwiran daging ayam atau kambing, taoge dan irisan daun kucai. daging ayam atau daging kambing yang digunakan pun teksturnya lebih lembut, kuah soto Blora jauh lebih bening sehingga terasa lebih segar.

------

Sate Ayam Blora




Siapa yang tak kenal dengan sate, makanan yang sudah diketahui hampir diseluruh nusantara. Sate Ayam Blora memang sudah dikenal hampir seluruh Indonesia karena sate ini mempunyai ciri khas dan cita rasanya yang lezat. 

Sate Ayam Blora mempunyai bumbu khas yang menjadikanya berbeda dengan sate ayam yang lainya. Bahan baku sate ini adalah daging ayam kampung yang dipadukan dengan bumbu kacang yang dicampur cabe halus sehingga rasanya sedikit pedas.

-------

Sate Kambing Blora



Tak hanya sate ayamnya, di Blora sate kambingnya pun terkenal dan memiliki kelezatan yang khas. Sate kambing blora ini biasanya menggunakan daging kambing yang masih muda sehingga dagingnya lebih empuk, dan daging ini dibakar tidak terlalu matang namun sudah enak untuk dikonsumsi. Bumbu utama sate ini adalah kecap yang dicampur bawang.

----

Lontong Tahu


Bagi pencinta kuliner yang datang ke Blora, lontong tahu merupakan salah satu makanan yang diburu, selain harganya murah lontong ini memiliki rasa yang berbeda dari lontong tahu yang ada di daerah lain. Lontong tahu khas Blora hanya menggunakan satu jenis kecap khusus, yaitu kecap yang diproduksi di kota Blora itu sendiri yang kemudian dipadukan dengan bumbu-bumbu lainnya. 

Sambal lontong tahu Blora biasanya menggunakan kacang tanah sehingga sambalnya lebih sedap dan pas nikmatnya tidak terlalu pedas ataupun manis. Biasanya lontong tahu Blora ini dibungkus dengan daun pisang alami.

-----

Dumbeg


Dumbeg adalah makanan yang terbuat dari tepung beras, gula pasir atau gula aren yang ditambahakan dengan garam serta air pohon nira Namun biasanya dumbeg juga ditaburi dengan buah nangka atau kelapa muda yang di potong dadu sebagai variasi rasa. 

Makanan dumbeg ini dibungkus dengan daun lontar atau janur yang dengan dililitkan dan dibentuk seperti kerucut, Sehingga saat pemasakan dumbeg memiliki aroma yang sedap yang dihasilkan dari pembungkusnya.

Tertarik untuk menikmati aneka makanan khas Blora?
Anda bisa datang ke Pusat Kuliner Khas Blora. 



Pusat Kuliner Khas Blora menyediakan menu Sate Ayam, Sate Kambing, Sate Sapi, Rawon, Soto Klethuk, Lontong Tahu, dan lain-lain. Merupakan pusat makanan khas Blora banget. Semua penjual disini sudah tergabung menjadi sebuah paguyuban kuliner Blora. Jadi disatu tempat anda bisa pesan berbagai jenis makanan, tidak harus berbeda tempat. Buka mulai pagi hingga malam. Jika liburan lebaran atau akhir tahun Pusat Kuliner Khas Blora ini buka sampai tengah malam. Terletak di sebelah selatan Alun-alun Kota Blora. Memiliki area parkir yang luas.


Alamat : Jl. MR Iskandar No. 2 Komplek Ruko Mustika - Blora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar